Rabu, 24 Oktober 2018

PEMASARAN DOMESTIK KE PEMASARAN GLOBAL

Pemasaran Domestik ke Pemasaran Global

Pemasaran dapat di kelompokkan menjadi pemasaran domestik, pemasaran ekspor, pemasaran international, pemasaran multinasional dan pemasaran global/transnasioanal.
Pemasaran Domestik adalah pemasaran yang secara nyata ditujuakan kepada pasar dalam negeri.  Pemasaran ini memfokuskan pada pasar Domestik untuk menghindari tantangan belajar cara memasarkan ke luar negeri.
Pemasaran Ekspor adalah tahapan pertama untuk menanggapi kesempatan pasar luar negeri. pemasaran ekspor menjadikan pasar di luar negeri sebagai sasaran dan menggantungkan diri pada produksi dalam negeri untuk memasok pasar ini.
Pemasaran International adalah pemasaran yang bertindak lebih jauh dari pemasaran ekspor dan terlibat lebih jauh dalam lingkuangan suatu negara tempat perusahaan tadi melakukan bisnis.
Pemasaran Multinasional merupakan pemasaran yang memfokuskan pada pemanfaatan pengalaman dan produk perusahaan serta sadar akan perbedaan dan keunikan lingkungan dalam negara tempat perusahaan berbisnis.
Pemasaran Global/Transnasional adalah pemasaran yang memfokuskan pada pemanfaatan aset, pengalaman, dan produk perusahaan secara global serta melakukan penyesuaian pada apa yang benar-benar unik dan berbeda dalam setiap negara.

FAKTOR PENDORONG DAN PENGHAMBAT BISNIS GLOBAL
A.    Kekuatan Yang Mendorong
o   Kebutuhan Pasar
Budaya universal seperti perbedaan budaya terdapat unsur yang sama dalam sifat manusia yang menjadi dasar untuk menciptakan dan melayani pasar global.
Contoh : minuman ringan, salah satu industri global yang terbesar yang sukses
o   Teknologi
Professor Levitt menulis artikel ” kenyataan komersial yang baru – munculnya pasar global untuk produk konsumen standar dalam skala yang belum pernah dibyangkan”. Ada kekuatan yang amat besar yang mendorong dunia ke arah menyatunya hal-hal yang sudah umum dan kekuatan itu adalah Teknologi. Teknologi menyederhanakan komunikasi, transpotasi dan perjalanan.
o   Biaya
Keseragaman dapat menurunkan biaya riset, rekayasa, desain, kreatif dan produksi di semua fungsi bisni , dari rekayasa sampai pemasaran dan administrasi.
o   Mutu
Volume global menghasilkan penerimaan dan mutu operasi yang lebih besar untuk mendukung mutu desai dan pembuatan.
o   Komunikasi dan Transportasi
Revolusi informasi memberikan kontribusi pada berkembangnya pemasaran global.
o   Daya Tuas
Keunggulan yang dimilikinya karena perusahaan itu beroperasi secara simultan dilebih dari satu pasar nasinal. Sebuah perusahaan global dapat mengembangkan 5 tipe daya tuas :
1.      Transfer pengalaman
2.      Transfer sistem
3.      Penghematan skala
4.      Pendayagunaan Sumber daya
B.    Kekuatan Yang Menghambat
o   Perbedaan Pasar
Dalam setiap kategori produk, perbedaan masih cukup banyak diantara batas negara dan budaya budaya yang memerlukan adaptasi dari beberapa unsur bauran pemasaran.
o   Sejarah
Sejarah merek dagang mungkin memerlukan strategi pemasaran khusus dan berbeda, serta di setiap negara perlu penentuan posisi tersendiri.
o   Kecadokan Manajemen
Dalam banyak hal, produk dan kategori merupakan calon untuk globalisasi, tetapi manajement tidak menangkap kesempatan tsb.
o   Budaya Organisasi
Perusahaan global yang sukses adalah pemsar yang telah belajar cara memadukan visi global dan perspektif dengan insiatif dan masukan pasar lokal. Hal ini sulit dilakukan oleh perusahaan.
o   Kendali Nasional/ Hambatan untuk masuk suatu Negara
Setiap negara melindungi perusahaan lokal dan kepentingannya dengan memegang kendali terhadap akses pasar dan jalan masuknya.

Dampak Positif Perdagangan Internasional
-        Meningkatkan Kesejahteraan
-        Mempercepat Pembangunan
-        Meningkatkan sumber daya manusia
-        Alih Teknologi

Dampak Negatif Perdagangan Internasional
-        Menimbulkan ketergantungan kepada negara lain
-        Cenderung statis
-        Pengusaha yang tidak kompetitif terancam gulung tikar
-        Adanya perubahan nilai sosial budaya



Manfaat perdagangan internasional
A.    Efisiensi
Melalui perdagangan internasional, setiap negara tidak perlu memproduksi semua kebutuhannya, tetapi cukup hanya memproduksi apa yang bisa diproduksinya dengan cara yang paling efisien dibandingkan dengan negara-negara lain. Dengan demikian, akan tercipta efisiensi dalam pengalokasian sumber daya ekonomi dunia.
B.    Perluasan konsumsi dan produksi
Perdagangan internasional juga memungkinkan konsumsi yang lebih luas bagi penduduk suatu negara.
C.    Peningkatan produktifitas
Negara-negara yang berspesialisasi dalam memproduksi barang tertentu akan berusaha meningkatkan produktivitasnya. Dengan demikian mereka akan tetap unggul dari negara lain dalam memproduksi barang tersebut.
D.    Sumber penerimaan Negara
Dalam perdagangan internasional juga bisa menjadi sumber pemasukan kas negara dari pajak-pajak ekspor dan impor.

Tahap Pengembangan Korporasi Transnasional
Tahap Pengembangan Perusahaan Transnasional
Tahap Pengembangan Perusahaan Transnasional
n  Tahap Satu: Domestik
n  Tahap Dua: Internasional
n  Tahap Tiga: Multinasional
n  Tahap Empat: Global
n  Tahap Lima: Transnasional
1.     Tahap Satu: Domestik
n  Domestik dalam fokus, visi, dan operasi
n  Fokus pada pasar domestik, pemasok domestik, dan pesaing domestik
n  Pegamatan lingkungan bersifat lokal
n  “Bila tidak terjadi di negara ini, hal itu tidak akan terjadi” à Titanic Syndrom
n  Keputusan yang disadari
n  Dapat berkembang menjadi tahap kedua perusahaan à variasi masuk pasar, produk, teknologi baru bkn penetrasi pasar internasional
2.     Tahap Dua: Internasional
n  Memperluas pemasaran, pabrik, dan kegiatan lain di luar negeri
n  Tetap etnosentris (home country orientated)
n  Pengelompokan ke dalam divisi internasional
n  Strategy of ‘extension’ à fokus pada perluasan baruan pemasaran dalam negeri dan model bisnis
n  Global development always begins in stage two
n  “Merupakan kesalahan untuk mencoba secara simultan melkukan variasi ke dalam pelanggan baru dan pasar produk/teknologi baru”
3.     Tahap Tiga: Multinasional
n  Menemukan bhw pasar yang berbeda memerlukan beberapa penyesuaian/adaptasi
        Pertama kali Toyota memasuki pasar US thn 1957 sbg Toyopet
        “overpriced, underpowered, built like tanks”
n  Tidak ada kata gagal, yg ada hanya “learning”
n  Fokus multidomestik
n  Orientasi polisentrik
n  Menyesuaikan bauran pemasaran domestik agar cocok dgn pilihan dan kebiasaan pasar internasional
Philips vs Matsushita
n  Philips: Strategi multinasional à NO (National Organization)
            Memboroskan sumber daya dlm usaha duplikasi (produk yg beragam) dgn biaya yg dibebankan kpd pelanggan tanpa manfaat yg dirasakan pelanggan
n  Matsushita: Strategi Global
Mengkonsentrasikan sumber daya untuk mencapai nilai pelanggan

4.     Tahap Empat: Global
n  Strategi pemasaran global atau sourcing strategy
n  Focus globally and supply from domestic market
        Harley Davidson (perusahaan pemasaran global)
            Dirancang dan diproduksi di US, investasi di LN hanya pemasaran à pasar dunia dijadikan pasar sasaran
n  Supply domestic market from global sources
        Gap (perusahaan dgn pemasok global)
            Mencari pemasok produk di seluruh dunia tanpa mencoba utk membuat global semua fungsi organisasi kunci
n  Memenangkan strategi bila perusahaan dpt menciptakan keunggulan bersaing dgn membatasi globalisasi dari rntai nilai à harus memahami keterbatasan dari keunggulan bersaing (not too ambitious!)
5.     Tahap Lima: Transnasional
n  Penjualan, investasi dan operasi berada di banyak negara
n  Perusahaan dunia terpaduu yang menghubungkan global markets dan global supplies
n  Geosentris  - mengakui adanya persamaan dan perbedaan dan mengadopsi pandangan dunia à Think globally act locally
n  Mengadopsi strategi global à menambah nilai
n  Aset kunci: tersebar, saling tergantung, terspesialisasi. Co: R&D
Kekuatan di Setiap Tingkat
n  International
Kemampuan untuk menjajaki pengetahuan dan kemampuan perusahaan induk lewat difusi produk seluruh dunia
n  Multinational
Kemampuan fleksibel untuk bereaksi terhadap perbedaan nasional
n  Global
Keunggulan buaya lewat operasi tersentralisasi
n  Transnational
Gabungan kekuatan dri setiap tahapan sebelumnya dlm jaringan terpadu, meningkatkan pengetahuan dan pengalaman seluruh dunia.

DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar