SOAL PG MANAJEMEN PEMASARANG GLOBAL#
- Konsumen mempunyai preferensi
yang sama, baik kualitas maupun harga adalah ciri preferensi .....
a. Homogen
b. Menyebar
c. Mengelompok
d. Homogenitas pasar
- Aktivitas mental dan fisik
seseorang yang secara nyata menggunakan barang dan jasa yang dibeli adalah
definisi ....
a. Perilaku pembelian pelanggan
b. Perilaku sosial pembeli
c. Perilaku
konsumen
d. Perilaku pasar
- Suatu kelompok dimana seorang
pemegang kartu kredit tertentu (gold, platinum) bercita-cita ingin menjadi
milik/bagian kelompok pemegang kartu kredit tersebut dinamakan kelompok
....
a. Disasosiatif
b. Aspirasi
c. Keanggotaan
d. Asosiasi
- Konsep inti pemasaran menurut
Bagozi adalah ....
a. Kebutuhan
b.
Pertukaran nilai
c. Pasar
d. Individu
- Manajemen pemasaran adalah seni
dan ilmu memilih pasar sasaran dan mendapatkan, mempertahankan, dan
menumbuhkan pelanggan melalui penciptaan, penyampaian, dan
pengkomunikasian nilai pelanggan superior. Yang dimaksud dengan nilai
pelanggan superior adalah...
a. Pengorbanan dikurangi dengan manfaat.
b. Jawaban Anda salah, seharusnya manfaat dikurangi
dengan pengorbanan
c. Manfaat kotor sebelum dikurangi pengorbanan
pelanggan yang diwujudkan dalam pembayaran
d. Manfaat
bersih suatu produk (setelah dikurangi dengan pengorbanan pelanggan), yang
lebih baik dibanding pesaing
- Peran pemasaran dalam
perusahaan pada jenjang operasional atau fungsional adalah ....
a. Memutuskan kapan dan bagaimana cara melakukan
kemitraan
b. Menentukan bagaimana melakukan persaingan
c.
Didasarkan pada bauran pemasaran
d. Mengkampanyekan orientasi pelanggan
- Dalam pelakasanaan konsep
pemasaran sebagai filosofi bisnis, pemasar melakukan koordinasi dan
integrasi seluruh kegiatan pemasaran untuk tercapainya ....
a. Kepuasan
pelanggan
b. Keuntungan jangka pendek perusahaan
c. Kepuasan personil produksi dan pemasaran
d. Harga lebih murah dibanding pesaing
- Tanggung jawab manajer
pemasaran suatu perusahaan dalam upaya membangun keterhubungan dengan
pelanggan antara lain.. ..
a. Penciptaan nilai pelanggan inferior
b. Penolakan aktivitas retensi pelanggan
c. Penciptaan laba jangka pendek perusahaan
d. Fokus
pada upaya penciptaan kepuasan pelanggan
- Pemasaran yang dilakukan di
dalam organisasi, khususnya oleh pimpinan kepada karyawan merupakan lingkup
aktivitas konsep pemasaran holistik pada komponen ....
a. Pemasaran
internal
b. Pemasaran tanggungjawab sosial
c. Pemasaran terintegrasi
d. Pemasaran keterhubungan
- Tugas pemasar tidaklah mudah.
Pemasar perlu memperhatikan lingkungan makro ekstern, salah satunya perlu
mengetahui bagaimana cara hidup, keyakinan dan kesenangan calon konsumen
sebagai bagian dari faktor....
a. Sosial
dan budaya
b. Perekonomian
c. Demografi
d. Politik dan hukum
- Contoh peluang barang atau jasa
yang dapat ditawarkan pemasar pada tahap keluarga sarang penuh I adalah
....
a. Lemari es dan kompor
b. Makanan
bayi dan mainan anak-anak.
c. Tabungan dan pelajaran musik
d. Barang-barang mewah dan perbaikan rumah
- Faktor yang bukan merupakan
bagian dari hirarki kebutuhan manusia yang dikemukakan oleh Maslow
adalah....
a. Kebutuhan harga diri
b. Kebutuhan keselamatan
c. Kebutuhan sosial
d. Kebutuhan
mencoba hal baru
- Tahapan apa yang akan langsung
dilakukan konsumen setelah mencari informasi dalam proses pengambilan
keputusan?
a. Mengevaluasi
berbagai alternatif
b. Menentukan kebutuhan dan keinginan
c. Membuat keputusan beli
d.
Mengevaluasi pasca beli
- Produk yang mempunyai daya
penarik rendah tetapi dapat memberikan manfaat yang tinggi kepada konsumen
dalam jangka panjang merupakan pengertian produk ....
a. Sangat
diperlukan
b. Spesial
c. Shopping
d. Bermanfaat
- Volume penjualan yang mulai
melambat pertumbuhannya, dan berada dalam kondisi stabil sebelum akhirnya
menurun merupakan deskripsi produk yang berada pada tahap .... dalam daur
hidup produk
a.
Kedewasaan
b. Penurunan
c. Perkenalan
d. Pertumbuhan
- Modifikasi pasar dapat
dilakukan dengan cara ....
a. Menurunkan harga untuk menarik segmen-segmen baru
b. Mengadakan periklanan yang lebih menarik atau
promosi lain yang lebih agresif
c. Perbaikan kualitas produk
d. Mencari
pembeli baru dan segmen pasar baru
- Strategi utama yang dapat
ditempuh perusahaan dalam menawarkan produk yang berada pada tahap
perkenalan dalam daur hidup produknya adalah dengan ....
a. Modifikasi produk
b. Mengadakan perbaikan-perbaikan terhadap produknya
c.
Meningkatkan kesadaran produk dan memperluas pasar
d. Meningkatkan kualitas produk
- Perubahan harga akan
mengakibatkan perubahan yang lebih kecil pada volume penjualan merupakan
sifat permintaan ....
a. Elastis
b. Inelastis
c. Unitary elasticity
d. Inunitary elasticity
- Kondisi dimana beberapa penjual
menguasai pasar, sehingga harga yang ditetapkan dapat lebih tinggi
merupakan jenis persaingan ....
a. Oligopoli
b. Persaingan tidak sempurna
c. Monopoli
d. Monopolistik
- Salah satu metode penetapan
harga yang bukan berorientasi pada biaya adalah metode penetapan harga....
a. Mark-up
b. Rate-of-return
c. Paritas
kompetitif
d. Break-even
SOAL ESSAY MANAJEMEN PEMASARAN
GLOBAL #
1.
Jelaskan pengertian dari Manajemen Pemasaran Global dan Sebutkan 3 prinsip
pemasaran !
Jawaban :
Manajemen Pemasaran Global adalah Ialah studi ilmu yang mempelajari tentang
Planning, Organitation, Actualing,Controling dalam suatu kegiatan bisnis yang dirancang
untuk tujuan menentukan harga,promosi, dan mendistribusikan barang-barang yang
sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen secara menyeluruh.Pemasaran
Global harus meiliki kemampuan untuk berfikir secara global dan bertindak
secara lokal yang artinya bahwa dalam setiap memasarkan produk di suatu negara memiliki unit-unit tertentu,karena setiap negara mempunyai keinginan dan kebutuhann yang berbeda perusahaan harus cerdas untuk memasarkan produknya di setiap negara, pemasaran global tidak berarti masuk kesetiap negara di dunia,tergantung pada sumberdaya perusahaan, pemikiran, manajerial dan terutam adalah adanya peluang dan ancaman dari usaha tersebut. Sedangkan sistem Managemen dalam pemasararan global bertugas untuk mengkonsep pemasaran global untuk diterapkan pada produk atau bisnis perusahaan tersebut ,agar produk dari perusahaan tersebut bisa terdistribusikan sesuai target pasar yang diharapkan oleh perusahaan.
secara lokal yang artinya bahwa dalam setiap memasarkan produk di suatu negara memiliki unit-unit tertentu,karena setiap negara mempunyai keinginan dan kebutuhann yang berbeda perusahaan harus cerdas untuk memasarkan produknya di setiap negara, pemasaran global tidak berarti masuk kesetiap negara di dunia,tergantung pada sumberdaya perusahaan, pemikiran, manajerial dan terutam adalah adanya peluang dan ancaman dari usaha tersebut. Sedangkan sistem Managemen dalam pemasararan global bertugas untuk mengkonsep pemasaran global untuk diterapkan pada produk atau bisnis perusahaan tersebut ,agar produk dari perusahaan tersebut bisa terdistribusikan sesuai target pasar yang diharapkan oleh perusahaan.
-
Tiga prinsip pemasaran :
1.
Nilai pelanggan dan persamaan nilai
2.
Keunggulan kompetitif atau Diferensial / perbedaan
3.
Fokus (pada kebutuhan dan keinginan pelanggan)
2.
Sebutkan 4 hal yang perlu diperhatikan dalam bisnis pasar domestik (lokal) jika
ingin menjadi pemain bisnis pasar global !
Jawaban :
-
Negara-negara adalah berbeda
-
Masalah yang akan di hadapi lebih luas dan kompleks dari biasanya
-
Pebisnis internasional harus menemukan cara untuk bekerja dengan membatasi
pengaruh (intervensi/ tekanan) dari pemerintah Negara setempat.
-
Transaksi internasional meliputi keanekaragaman nilai mata uang.
3.
Sebutkan dan jelaskan beberapa faktor penghambat Manajemen Pemasaran Global !
Jawaban :
Ø
Prinsip Pendiri :
-
Kecadokan Manajemen (Manajemen yang tidak mau berkembang)
a.
Dalam banyak hal, manajemen mengabaikan peluang untuk mengejar pemasaran
global.
b.
Perusahaan dengan manajemen etnosentris tidak akan berkembang secara geografis
c.
Kecadokan adalah resep bagi bencana pasar, jika kantor pusat berusaha mendikte
ketika ia seharusnya mendengar.
d.
Pemasaran global perlu tim lokal yang kuat, yang dapat menyesuaikan produk
dengan kondisi lokal.
-
Budaya organisasi
a.
Anak perusahaan yang “mengetahui semuanya” tidak ada lagi ruang untuk visi dan
puncak (perusahaan induk)
b.
Sebaliknya juga, perusahaan dengan manajemen kantor pusat yang “mengetahui
semuanya” tidak ada lagi inisiatif lokal dan pengetahuan mendalam dari
kebutuhan dan kondisi lokal.
c.
Manajemen yang sukses di perusahaan global adalah yang telah belajar cara
memadukan visi dan perspektif global dengan inisiatif dan masukan dari pasar
lokal.
-
Pengendalian Nasional
a.
Setiap Negara melindungi pasar lokal dan kepentingannya dengan memegang kendali
terhadap akses pasar dan masuknya industri berteknologi rendah dan tinggi.
Misalnya, kendali monopoli terhadap akses
ke pasar tembakau, juga kendali terhadap pasar penyiar, peralatan dan transmisi
data.
-
Cara perusahaan global mengatasi hambatan ini adalah dengan menjadi “orang
dalam” yakni dengan mendirikan anak perusahaan di Negara lain.
Ø
Prinsip Perusahaan Pemasar :
-
Prinsip Perusahaan
a.
Perusahaan adalah suatu konsep bisnis strategi
b.
Pemasaran harus dirumuskan oleh manajemen puncak, orientasinya jangka panjang,
mengemudikan arah perusahaan dan memegang tanggung jawab dalam menciptakan
konsumen bisnis yang loyal
c.
Pemasaran tidak lagi hannya tentang penjualan,periklanan / bahkan 4P (konsep
tradisional) karena perusahaan ditekan oleh pendorong perubahan ekstern
(teknologi, ekonomi, dan pasar) dan internal (pemegang saham, SDM dan budaya
organisasi)
-
Prinsip Komunitas
a.
“Pemasaran merupakan bisnis semua orang”
# semmua orang dalam perusahaan adalah
satu komunitas, yaitu komunitas pemasaran setiap orang dalam perusahaan apapun
deskripsi pekerjaannya, setiap orang bertanggung jawab untuk menciptakan
loyalitas konsumen.
# dalam perusahaan tidak ada
departemen dan fungsi pemasaran yang berdiri sendiri, semua departemen adalah
departemen pemasaran jadi, semua fungsinya adalah fungsi pemasaran.
-
Prinsip Persaingan
“Perang pemasaran merupakan perang nilai”
(nilai = perbandingan antara pengeluaran dan manfaat).
# perusahaan tidak hanya sekedar mengejar
keuntungan jangka pendek tetapi menciptakan nilai pelanggan (menjalin hubungan
dengan pelanggan ) untuk jangka panjang.
4.
Sebutkan dan jelaskan 4 jenis strategi untuk bersaing di pasar global !
Jawaban :
-
Strategi Internasional (international Strategy)
Strategi ini menawarkan bagaimana
perusahaan menciptakan suatu nilai yang unggul dari pesaing dengan transfer
keahlian dan produk yang bernilai kepada pasar asing, dimana di bidang ini
merupakan kelemahan pesaing dan kompetensi inti ini tidak dimiliki oleh
pesaing.
-
Strategi Multidomestik (Multidomestic Strategy)
Dalam strategi ini perusahaan secara
ekstensif melakukan kostumisasi terhadap produk dan strategi pemasarannya
kearah kondisis nasional yang berbeda dimana value creation juga diciptakan
pada kegiatan produksi, pemasaran , R&D (penelitian dan pengembangan) di
setiap Negara yang di jadikan pasar global.
-
Strategi Global
Strategi ini memusatkan pada peningkatan
laba, dimana lebih mengarahkan pada standarisasi kualitas produk secara global,
dan tidak melakukan penyesuaian produk terhadap kondisi lokal, karena menggunakan
strategi low cost sehingga mendapatkan laba yang maksimal.
-
Strategi Transnasional
Strategi ini mencoba mencapai semua
strategi yang ada untuk mendapatkan solusi untuk semua masalah. Dimana
perusahaan melakukan pengurangan biaya atas kondisi lokal dan juga transfer
kompetensi inti serta takanan lokal.
5.
Jelaskan apa yang di maksud dengan “ produktifitas telah terlepas hubungannya
dengan tingkat pekerja”.
Jawaban :
Pemasaran
global saat ini tidak begitu meningkatkan jumlah pekerjanya namun pendapatan
perusahaan tersebut semakin meningkat karena perusahaan saat ini lebih
memanfaatkan perubahan sistem teknologi (semisal : mengggunakan mesin dalam
memproduksi sebuah barang).
Mantul jawabannya
BalasHapusYang 21 sampai 40 mana bang
BalasHapus